Sura Dira Jayaningrat, Lebur Dening Pangastuti

Ngluruk Tanpa Bala, Menang Tanpa Ngasorake, Sekti Tanpa Aji-Aji, Sugih Tanpa Bandha

Berjuang tanpa perlu membawa massa, Menang tanpa merendahkan atau mempermalukan. Berwibawa tanpa mengandalkan kekuasaan, kekuatan, kekayaan atau keturunan, Kaya tanpa didasari kebendaan.

  • NU ONLINE
  • 35 Anggota Koperasi di Trenggalek Ikuti Pelatihan Lukis Kain


    AMRULOH SAJA.TRENGGALEK.  – Sebanyak 35 orang perwakilan dari Koperasi di Trenggalek, mengikuti pelatihan lukis kain dari dinas Koperasi dan Usaha mikro dan Perdagangan Kabupaten Trenggalek, selama tiga hari  berturut-turut (24-26 Juni 2019). Mereka merupakan para pemula dalam dunia usaha melukis kain timbul dan negatif.
    Pelaksana Tugas Kepala Dinas Dinas Koperasi Dan Usaha Mikro Dan Perdagangan Kabupaten Trenggalek, Ir. Yudy Sunarko, M.Si, mengatakan pelatihan tersebut sengaja ditujukan bagi para anggota koperasi untuk memberikan ketrampilan usaha.
    “anggota koperasi yang mengikuti pelatihan ketrampilan lukis kain, semoga bisa mengimplementasikan dan menularkan kepada anggota koperasi yang lain. Untuk itu, kami berikan pelatihan, agar mereka nantinya bisa mengembangkan hasil dari pelatihan tersebut menjadi sebuah usaha baru bagi mereka,” jelasnya, Selasa (24/06/2019).
    Peserta diasah membuat ketrampilan lukis kain timbul dan negatif selama tiga hari. Usaha ini merupakan yang sedang hits atau ramai dicari oleh para pembeli.
    Menurut Bapak Yudy, pelatihan tersebut sekaligus mendukung program pemerintah Kabupaten Trenggalek yang ingin mengembangkan kreatifitas Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Trenggalek.
    Sementara itu, salah satu mentor yang turut mengajarkan cara melukis  kain timbul dan negatif, Ibu Laksmiwaty, menjelaskan, bahwa ada berbagai proses yang harus dilalui dalam membuat lukisan kain timbul dan negatif, setidaknya ada empat langkah.

    Langkah pertama, yaitu menyiapkan kain yang sudah kering dan disetrika agar halus. Selanjutnya, langkah kedua, membentangkan kain pada pemidangan supaya tidak kusut. Langkah ketiga, menjiplak gambar memakai gutta dengan cara menekan tabung gutta pada kain dan buat garis tipis. Terakhir, mewarnai dengan pewarna sutra atau pewarna transparan.
    “Proses pengeringan sebaiknya terkena sinar matahari langsung.  Pengeringan menggunakan matahari akan menciptakan hasil produk yang bagus karena lukisan akan kering secara sempurna,” jelasnya.
    Setelah kering, kemudian disetrika, yaitu proses penempelan lukisan secara sempurna.
    “Alhamdulillah, para peserta terlihat sangat semangat mengikuti setiap tahapan melukis kain timbul dan negatif,” tutupnya.


    Labels: regional

    Thanks for reading 35 Anggota Koperasi di Trenggalek Ikuti Pelatihan Lukis Kain. Please share...!

    0 Comment for " 35 Anggota Koperasi di Trenggalek Ikuti Pelatihan Lukis Kain"

    Back To Top