Sura Dira Jayaningrat, Lebur Dening Pangastuti

Ngluruk Tanpa Bala, Menang Tanpa Ngasorake, Sekti Tanpa Aji-Aji, Sugih Tanpa Bandha

Berjuang tanpa perlu membawa massa, Menang tanpa merendahkan atau mempermalukan. Berwibawa tanpa mengandalkan kekuasaan, kekuatan, kekayaan atau keturunan, Kaya tanpa didasari kebendaan.

  • NU ONLINE
  • mission HMI

    “Telaah Misi Perjuangan HMI dalam Mencetak Mental Pelopor Kader HMI


    Menurut kanda zaini Hamdi (pemrakarsa lagu HMI wan- HMI wati) bahwa “udkhuli fi HMi kaaffah”. Sebagai kader HMI harus secara menyelurus (all Out) ketika berjuang di HMI. Menjadi basis umat dan bangsa guna menegakkan keadilan yang diridoi alloh SWT. Mission secara esesnsi adalah ruang untuk menjadi dan menuju insane kamil. Mission merupakan suatu perjalanan (bisa dikatakan proses). Beliau juga mengatakan bahwa mission berfungsi untuk menegakkan 5 kwalitas insane cita HMI yaitu militant dan akademis. Dikatakan kader HMI adalah kader militant merupakan kader yang mempunyai kontribusi terhadap setiap pentas di HMI, bukan untuk meminta sesuatu di HMI. Dan itulah merukan bentuk kesuksesan yang ada di HMI.
                Dalam pernyataannya bahwa karakteristik kader HMi itu ada tiga yaitu 1. Simpatisan, 2. Miltan, 3. Curikulum vitae. Pertama simpatisan yaitu ikut meramaikan saja, tidak ada kontribusi di HMi, ikut-ikutan tanpa tau arah geraknya mau apa dan mau kemana perjuangannya. Kedua kader Militan yang merupakan harapannya sebagai kader yang ulet memperjuangkan mission HMI, berkontribusi demi tegaknya perkaderan dan missi perjuangan, progresi dan frevolusioner. Ketiga adalah curikulum vitae, yaitu kader yang hanya titip nama saja.
                Menurutnya bahwa eksistensi HMi itu ada di perkaderan dan perdiskusian dalam arti (kegiatan). Karena adanya dua hal tersebut maka pola pergerakan dalam menuju mission HMI akan cepat tercapai. Rumus dalam berkader diri di HMI yang sesuai dengan norma mission HMI adalah hidup dan menghidupkan HMi serta bergairah dalam beretorika (diskusi dll). Kalupun ditarik benag merah sebagai konklusi perdiskusian ini adalah HMI saat ini harus instropeksi dirir kembali pada gairah dan jalan perkaderan HMI.



    [1] Disampaikan pada Intermediate training HMI Cabang tulungagung tertera hari Kamis tanggal 19 Septemberr poukul 19.00 di Villa argo wilis.

    0 Comment for "mission HMI"

    Back To Top